AWAAAAAAYY FROM HOME



Assalamu’alaikum

Hai udah lama gak muncul di sini nih

Tau gak sih…… I’m officially anak kosan yeaahaHAHAHAHAAHA

Antara ketawa lepas bahagia atau ketawa melepas stress. For the first time I’m all alone far away from home sweet home trying to survive in this cruel world. Wat. Gue kenapa hahaha. Jadi sehari setelah 17-an alias tanggal 18 Agustus hari Selasa gue, kakak, dan emak tercinta bertolak ke kota lunpia naik kereta jam 7 pagi.

Subuh..eh sebelum subuh malah udah ke gambir naik taksi. Kebetulan papa lagi sibuk buanget jadi rencana jalan darat pake mobil Bekasi-Semarang gagal deh. Padahal gue inget banget papa udah browsing sepanjang jalur perjalanan tempat-tempat untuk wisata kuliner. Tapi ya mau gimana lagi. Yowis emang mungkin disuruh biar terbiasa pulang-pergi Gambir-Tawang ya

Naaaah akhirnya kita bertiga pun ngebolang di Semarang. Untungnya ada sodara dari papa yang domisili di Semarang. Tepatnya di Pedurungan. Entah itu di mana haha. Gue belom hafal daerah di Semarang. Udah 2 kali kalo gak salah ke Semarang atau malah 3 kali ya lupa. Pertama, masih kelas 4 SD, yang gue inget cuma pas ke klenteng Sam Po Kong dan oh ya makan tahu gimbal, keliling simpang lima dan mabok tahu petis hahahaha. Kedua, kayaknya acara lebaran family gathering gitu tapi gue gak inget persisnya gimana dan gak nyampe ngulik-ngulik Semarang juga sih. Dan yang ketiga itu acara sekolah, goes to campus gitu Jogja-Semarang. Main ke undip, yang gue inget patung om dip yang katanya masih baru jadi, trus juga ke lawang sewu, udah.

Yak balik ke topik. Bertiga ini dijemput pakde di stasiun Tawang dan dianter sampe ke penginapan, check in, taro barang daaaan caw cari kosan. Yes, gue belom dapet kos. Karena emang ini kali pertama nengokin kota tempat gue akan menimba ilmu selama kurang lebih empat tahun ke depan setelah pengumuman lolos tes. Sebelumnya udah ngubek-ngubek gugel sih cari info kos, copas2 fasilitas, denah, biaya, alamat dan cp. Tapi sedihnya pas mau mulai pencarian, gue telpon itu kosan dan hampir semuanya penuh. Ada pun yang jauh. Itu pun gue tertipu dengan iklannya yang bikin ngiler. “5 menit dari kampus” otomatis gue mikir “wih deket dong jalan kaki 5 menit”. Tapi tapi tapi……pas gue telpon:
G: “…masih ada tempat?”
K: “Oh, masih. Yang AC”
G: “Per bulannya berapa ya?”
K: “(sekian)” << entah berapa gue lupa, banyak banget gue telpon soalnya
G: “Kira-kira jarak ke kampus tembalang berapa ya?”
K: “Lumayan sih, 5 menit…..
.
.
.
Kalo naik motor”
5 menit naik motor
5 menit
Naik
Motor
Sedih……
G: “…..oh. Ada kendaraan umum gitu, gak?”
K: “Ada, sih, angkot tapi harus jalan dulu ke jalan rayanya.”
G: “Oh, gitu, ya. Makasih.”
K: “Bisa diliat dulu kok, mbak lokasinya..”
kayaknya si cp-nya ngerti deh nada-nada gak berminat gue jadi beliau berusaha membujuk gue biar berminat
G: “Oh, ya, terima kasih..” *langsung end call*
Okaaaay. Dan itu gak cuma sekali doang. Rata-rata yang masang iklan dengan tulisan 5 menit dari kampus itu pas gue telpon, iya 5 menit………….
……………kalo naik motor. Hiks. Bisa banget ye bikin iklannya biar banyak yang minat.

Skiiiip. Sampe akhirnya tadinya mau ke sebuah lokasi kosan di jalan banjarsari atau apa gitu gue lupa dan tiba-tiba emak minta berhenti karena liat ada plang kost putri.
Singkat cerita akhirnya gue berlabuh di kosan itu. Halah berlabuh emang kapal -_- wkwk. Ya, kebetulan itu kos baru dan Alhamdulillah kemana-mana deket :’) Ke stationary, minimarket, atm, makanan? Banyak, tinggal pilih mau soto, warteg, mie-ramen dkk, indomie atau semacam burjo gitu, atau untuk makan malam biasanya banyak pedagang kaki lima. Laundry juga ada, mau nge-bakso juga bisa. Lengkap deh. Tapi ada satu sih yang jauh……………..ke hati kamu

Yha 

Gue kenapa lagi

Malem-malem galau.

Yak dan tau gak sih pas kakak sama emak mau balik ke Bekasi, dijemput pakde-bude gue sekalian main dulu ke rumah, disitu pas pamitan baru berasa “deg!” well it’s not gonna be the last farewell or what but still it feels like a dream that after this you’ll be all alone. Dan yang bikin gue kaget adalah…… my big bro patted me.

It doesn’t sound weird yeah I know but I didn’t remember if he had ever patted me before. I thought it was the first time. And it was like…..what. Well, it’s not a brother complex hell no but yeah I love him, of course I love my family, I love him as my sibling, as a big bro, as a family. But still I felt a bit weird atm. Awalnya gue gak ngeh karena pas salim ke kakak trus gue salim ke emak plus pelukan dan tiba-tiba dia ‘puk-puk’-in kepala gue. Rasanya kayak “Take care, sis…” “hey you my lil sis yang gaje dan aneh dan unik dan yeaaah kamu sudah beranjak dewasa dan saatnya kamu memasuki dinamika anak kos”

Oke itu ngarang banget. Tapi that take-care part was true. I felt it. I felt the warmth. Oh no I was sobbing while typing this remembering that moment HHAHAHAHAHAHAHA. But the more I tell you what I felt the more it sounds like a brocon. Damn.

Udah deh udah.

Dan, ya, malam pertama. Berasa aneh. Walaupun selama ini kalo di rumah gue juga suka semedi di kamar tapi kali ini berasa beda. Beda aja gitu. Mungkin karena ini bukan rumah gue yang udah gue tempatin selama belasan tahun dan ini juga bukan kota gue. It’s all brand new. Nyari makan sendiri, beli kebutuhan sendiri, beres-beres kamar, sepinya pun beda. Apalagi kalo malem. Biasanya kalo di rumah tuh jarang buanget yang namanya nonton tv padahal ada tv di dalem kamar. Tapi sekarang di kosan, walaupun gak gue tonton sekalipun itu tv di kamar kos gue nyalain, walaupun kadang volumenya gue kecilin dan gue dengerin lagu pake headset tapi biar tetep berasa ada yg nyala-nyala gitu gak cuma layar item gelap gitu.

Entah guenya aja kali ya tapi gue ngerasa sepi di sini rasanya beda kalo di rumah. Mungkin gue home sick kali ya tapi gak dirasa. Kadang suka kangen hebohnya emak gue, atau papa kalo lagi nge-bully mama hahaha, atau obrolan ringan gak penting di pagi hari. Makan bareng di meja makan. Fix ini home sick kali ya.

Tapi gue ngerasa kayaknya perasaan-perasaan ngeganjel ini muncul ketika gue lagi gabut atau lagi kesepian, gak ada temen chat atau ngobrol. Di saat-saat itulah pikiran liar gue berlarian. But Alhamdulillah tiap ambil wudhu trus shalat jadi lebih tenang walaupun kadang tiba-tiba suka nangis sendiri. Tears of anxiety yeah. Di rumah kadang gue juga ngalamin kayak gitu. Crying for no particular reason. Gak tau rasanya pengen nangis aja. Halah ngeles, bilang aja kangen rumah, kangen emak bapak kangen si item kangen cimit kangen your big bro whom for the first time patted you MANJA /udah

Lah trus kan ada temen kosan yang bisa diajak ngobrol atau belanja bareng atau cari makan bareng atau apa kek bareng-bareng jadi gak ngerasa kesepian. NAH itu lucunya. Gue malah lebih deket sama temen satu fakultas yang beda kosan, lumayan jauh pula, tapi masih bisa ditempuh pake angkot. Sesama rantauan dan dari Jakarta (gue dari Bekasi sih yaa beti lah ya wkwk) Tapi dari logatnya kayaknya dia orang jawa. Dan nampaknya gue bisa fangirling bareng dia karena dia juga fandomnya hampir sama kayak gue hahahahaha dan yang paling gue suka adalah dia gila, no I mean dia tuh heboh, apa adanya, frontal, kocak, khas anak Jakarta dan sekitarnya. Cocok untuk jadi teman menggila bersama kayaknya. Padahal kita tuh baru ketemu pas antri di loket verifikasi tapi dia udah minta nomor gue duluan dan ya kita ngebolang bersama naik angkot sekitar kampus daaaaaan dia main ke kosan gue yeah.
Dan itu hanya dalam waktu kurang lebih 3 hari. Yes.

Lah ini temen kosan, gue keluar dia di kamar, dia keluar gue di kamar. Tapi sempet sih pas masih ber-3 yang udah menghuni gue ketemu sama satu orang tapi kita cuma liat bentar, buang muka, sibuk sama urusan masing-masing. Sedih ya. Tapi gue emang bukan tipe orang yang bisa memulai percakapan, kecuali kalo emang lagi duduk sebelahan atau jalan beriringan, itu masih bisa walaupun masih berasa awkward hahaha. Dan ini udah 3 hari sendirian di kosan. Di sore hari ke-3 pas gue keluar nyari makan sama ada yg mau gue beli juga ternyata ada yg lagi ngumpul di ujung sana. Gue gak ngerti itu cewek-cewek semua penghuni kosan ini apa gimana, soalnya dari kemaren tuh pas dia pindahan kayak ada yang masih ditemenin sama orang tuanya, trus sempet heboh ngerjain tugas bareng di satu kamar entah satu kosan atau temen beda kos. Dan pas gue keluar ngunci pintu gue ngerasa mereka ngeliatin mereka. Awkward banget. Gue langsung melenggang menuruni anak tangga, gak peduli, tapi tetep pasang muka ramah. Mau nyapa juga gimana ya, dari percakapan mereka yang sering terdengar, medok banget dan akrab banget kayak udah nge-grup sendiri. Jadi keinget emak gak ngebolehin gue kos di dalem gang dan ada angkatan yang lama gitu, takutnya mereka udah punya circle sendiri dan gue pendatang baru jadi canggung untuk membaur dan takutnya juga ada bullying. Nah kebetulan kosan gue baru jadi isinya maba semua dan diharapkan lebih gampang bergaul. Tapitapitapi setelah gue liat situasinya kok……malah aneh juga ya. Semoga aja seiring berjalannya waktu gue bisa kenal temen2 satu kosan ini walaupun gue ngerasa ada aura-aura mereka udah nge-grup sendiri gitu tapi setidaknya mereka udah liat kehadiran gue siapa tau aja suatu saat nanti gue disapa gituhahahahaha ngarep. 

Oke oke cukup dulu ya
Kapan-kapan blogging lagi
Bye bye~
Wassalamualaikum!!

Komentar

Postingan Populer