Lappie!

Assalamualaikum!

Halo halo haloooo haaaalooooo

Ya ampun bahagia sekali bisa gentayangan lagi di blog (?)
Niatnya mau sering update tapi dilanda perasaan mager. Padahal udah banyak cerita yang mau gue ketik dan aplot di sini. Cerita? Wah, cerpen? Bukaaan. Cerita yang gue maksud apalagi kalo bukan curhatan gue mengenai kehidupan sehari-hari hehe. Walaupun sebenernya gue juga tertarik bikin cerpen atau semacam random one shot gimana gitu tapi biasanya berakhir teronggok begitu aja di laptop.

Naaah, betewe kenapa gue udah lamaaaaaa banget gak blogging? Mager? Bukan, bukan. Itu salah satunya, sih, tapi ada alasan lain. Apa itu? Dua kata. Laptop rusak. Yep. Lappie kesayangan gue sakit. Lappie hibah dari papa sakit dan sempet dibawa ke dokter (baca: tukang servis) trus waras sekitar 2 bulan eh sakit lagi dan akhirnya …….. berpulang. Hiks. Sedih.

Oke. Mungkin come back posting gue ini gue akan bahas riwayat si lappie ini. Dan kayaknya bakal panjang. Banget.

Semua bermula karena dari fan-nya. Itu loh yang mencegah mesinnya kepanasan. Nah, entah kenapa pada suatu hari itu fan mati. Rusak di fan cukup fatal  (sok tau mode: on) Tapi emang iya (itupun tau dari papa, kakak, dan mas-mas tukang servis) Soalnya kalo mesin panas, lappie bisa kepanasan, keringetan, trus dehidrasi, kan, bahaya /gakgitu. Oke, maaf jadi ngelantur gitu. Ya, pokoknya bahaya bisa bikin lappie rusak karena panas dan bisa merusak harddisk juga

Lanjut. Pas fan rusak itu, gue bingung dan langsung lapor. Kebetulan waktu itu papa lagi sibuk atau gimana jadi belom sempet dibawa ke tukang servis dan untuk sementara dibeliin fan eksternal, siapa tau bisa membantu mengurangi panasnya si lappie. (Lappie panas? Kasih obat turun panas, dong. ./yha) Dan lumayan bisa bertahan sebulan. Waktu awal-awal masih takut-takut gitu make lappie setelah tau efek dari fan mati. Jadi, makenya kalo emang lagi perluuuu banget. Tapi entah kenapa ngerasa, “Ah, gapapa kok. Pake aja lebih lama. Twitter-an kek, facebook-an kek, tumblr-ing kek, atau …. Blogging!” Macam bisikan setan -_- haha. Dan akhirnya gue milih untuk tumblr-ing. Yey.

Nah mungkin karena dipaksa semaleman dipake akhirnya jebol juga. Ya, tiba-tiba pas nyalain, pas di desktop, pointer nya gak gerak. Gue pikir track pad nya yang rusak apa gimana. Gue panik. Yah. Rusak deh. Yah. Trus gue lapor lagi. Akhirnya buru-buru deh dibawa ke dokter. Ternyata …. Itu akibat dari fan-nya yang mati. Alhasil diopname dah itu lappie. Kebetulan waktu itu lagi libur semester plus tahun baru. Tapi, tetep aja sedih, gak bisa mainin lappie hampir seminggu ;-; gak bisa tumblr-ing. Hiks. Oh, ya, fyi (bukannya sombong) lappie-kun* itu ultra-book dan tukang servisnya lumayan kesulitan nyari fan yang sesuai. Sampai akhirnya ………. Mas-mas tukang servis pun menemukan fan second yang dicomot dari laptop lain. Dan ya, laptopnya juga di-install ulang. Ya. Data gue ilang. Semua. Ilang. orz. (sok dramatis)

Tapi tapi tapi Alhamdulillah gue udah punya HDD eksternal dan datanya udah di-back up. YEAAAH *emot girang*
Tapi gue juga baru inget ada data yg belom sempet gue back-up. Menurut orang lain mungkin gak penting-penting amat ya (menurut sebagian dari diri gue juga ngerasa gitu sih {?}). Yaa… ada beberapa episode anime on-going yang baru didonlot dan belom di-back up. Hiks. Donlot ulang lagi deh ya….. Sebenernya bisa aja sih minta temen tapi kapan yak kan itu lagi liburan ;-;

Itu anime udah jadi bagian dari hidup gue #eaa. Padahal dulu gue liat kakak gue atau orang lain yang anime geek atau macam otaku tuh kayak “Apaan, sih, itu? Emang segitu serunya, ya? Kok dielu-elukan dan dipuja-puja gitu, sih?” Dilanda rasa penasaran akhirnya gue nyoba nonton satu. Kepoin satu. Kepo satu tumbuh seribu. Yey. Akhirnya gue jadi demen. Malah punya banyak bias makhluk-makhluk 2D. Ssst…gak usah ngatain gue jones :p hahaha. Gue gak jones kok, pacar punya, gebetan banyak, suami, cem-ceman dan sebagainya pun ADA. Kurang lengkap apa coba. Ha. Tapi …. Itu semua hanya ilusi belaka (?). Tapi, gapapa, kok. Makhluk-makhluk 2D itu lebih setia dan ikhlas aja dipoliandri/poligamiin /hush. HAHAHAHA.

Oke paragraph intermezzo-nya udah cukup.

Jadi, sampe di mana kita tadi. Oh, ya, back-up. Akhirnya gue beneran donlot ulang demi melengkapi koleksi (?) Oh, ya (lagi), gue baru inget waktu itu lagi gencar-gencarnya isu UN online dan katanya sekolah gue fix berpartisipasi menyelenggarakan UN online. Trus katanya tiap anak bawa laptop masing-masing. Nah. Makin panik. Dan itulah yang bikin ortu gue buru-buru bawa laptop gue ke dokter.

Sangat berbahagialah gue selama dua bulan ke depan bisa mainin lappie-kun lagi. Dua bulan. Dua bulan sebelum akhirnya lappir-kun pergi untuk selama-lamanya *emot nangis guling-guling*(ya ampun gue dramatis banget sih dari tadi). Gue inget banget kejadian itu malem-malem (berasa kayak mau cerita horror) Sebenernya dari siang lappie-kun gue pake marathon. Gue lupa marathon nonton apa ya waktu itu. Sembari nonton gue juga donlot. Donlot apa tcu? Donlot drama cd. Apaan, tuh? Drama tapi cuma suara doang, gak ada visualnya. Ah, gak seru gak ada visualnya. Tapi, menurut gue justru itu seru. Bisa imajinasiin sendiri. Hehe. Ditambah lagi kalo drama cd yg pake full dummy head mic (kalo gak tau, cari sendiri ya, males jelasin di sini wkwk yang ada nanti makin ngelantur) Beuh. Efek dummy head mic itu sesuatu sekali :3 Penasaran? Silahkan dicoba /heh. Tapi kayaknya selama ini gue nemu drama cd (apalagi yg dummy head mic) itu buat fangirl. Gak pernah gitu gue nemu drama cd yang diisi sama seiyuu cewek pake dummy head mic pula buat cowok cowok otaku gitu. Atau guenya aja yang selama ini nyarinya yg buat fangirl hahaha.

Lanjut. Gue bahagia banget tuh karena tumben-tumbennya wifi rumah bisa dipake buat donlot, lancar, padahal file size nya gede, bener-bener deh. Gue lupa waktu itu berhasil donlot berapa volume. Kayaknya 3 atau lebih. Dan kayaknya 1 season koleksi gue udah lengkap. Kurang bahagia apa coba (masih kurang, ah, kurang banyak haha) Sebelum malam tragedi ini gue juga udah donlot beberapa volume mengandalkan wifi sekolah yang lebih yahut dari pada di rumah. Walaupun kadang beberapa kali gagal juga sih tapi menurut gue masih mending dari pada wifi rumah. Trus, pas malem itu diajak makan malem, gue tinggal itu lappie dalam keadaan nyala dan gue juga muterin lagu biar gak sleep dan donlotan gak ke-pause atau bahkan failed.


Skip. Pas selesai makan gue menemukan layar laptop gue gelap dan bertuliskan apa gatau gue lupa. Jantung gue mencelos (berasa bahasa novel atau apa gitu) Yah. Lappie-kun, kamu kenapa lagi? KAMU KENAPA, LAPPIE-KUN???!!! Gue juga langsung sedih karena donlotan gue berarti gagal << masih mikirin donlotan. Gue pencet sana-sini gak ada apa-apa. Layarnya masih gelap gitu. Berusaha untuk tenang akhirnya gue hard shut-down trus nyalain lagi. Pas proses boot, logo windows nya gak muncul dan malah tulisan gitu muncul. Gue panik. Bingung. Coba pencet enter dan tombol lainnya tetep aja bergeming. Malah tulisannya makin banyak dan bawa-bawa harddisk gitu. Nahloh. Makin panik. Berulang kali gue hard shut down nyalain lagi dan begitu seterusnya sampe gue nyerah dan ngeri malah makin rusak.

Iseng gue browsing pake hape gimana kalo lappie kena masalah kayak gitu. Berusaha tenang dan berpikir jernih. Skip skip skiiiip sampe gue nemu ada orang yg punya masalah sama persis kayak gue dan ada yg jawab “Wah, itu berarti harddisk nya gak kebaca. Coba kalo mau nekat bongkar, copot harddisknya trus pasang lagi. Atau kalo takut malah rusak coba ke toko servis. Cara lain juga bisa ke BIOS setup bikin pengaturan …. Blablabla…dst.” Kurang lebih sih begitu, gue lupa persisnya, itupun hasil rangkuman dari beberapa sumber yg gue temuin.

Pilihan pertama jelas gue gak bisa. Apalagi itu sama sekali belom pernah dibongkar dan masih ada segel garansi. Kan sayang. Akhirnya gue coba ke BIOS setup, awalnya gue juga bingung dan nyoba nanya temen yg kebetulan pernah ngalamin laptop gak bisa boot. Tapi ternyata saran dari dia tetep gak berhasil. Gue nyerah. Itu udah malem dan gue udah lelah dan udah nahan air mata dari tadi karena gue inget banyak data yang belom sempet gue ­back-up dan lain-lainnya. Ditambah lagi sempet ada sumber yg bilang kalo dari solusi yg dia berikan tetep gak berhasil berarti harddisknya rusak dan harus ganti. Gue langsung nangis gegulingan di tempat tidur tapi sambil ketawa-ketawa ironis gitu << sumpah serem.

Rasanya kayak orang lagi ekonomi sulit trus kena PHK. (sok tau, padahal gak pernah ngalamin -_- wkwk) tapi beneran deh, sesekali gue nengok lappie yang teronggok lesu di atas meja trus teringat kenangan-kenangan bersamanya trus gue nangis lagi sambil meluk guling. Trus liat lappie lagi nangis lagi dan begitu seterusnya (gak gitu juga sih -_- sumpah drama banget yak wkwk) Tapi bener-bener gue nangis yang …….. ugh gimana sih rasanya data-data lo belom lo back-up apalagi yang paling penting itu TUGAS. YA TUGAS karya ilmiah gue dan presentasi-presentasi apalah itu segala macem dipresentasiin dan itu belom dikumpulin atau itu udah lo siapin jauh-jauh hari atau bahkan lo bela-belain semalam suntuk begadang demi deadline dateline yang udah di pelupuk mata trus semua jerih payah lo itu ilang begitu aja. Sakit. Sakit banget men. Maaf kalo lebay tapi … memang begitulah adanya. Dan gue makin sakit hati lagi dan menyalahkan diri sendiri karena gue sering nunda-nunda untuk back-up padahal udah diniatin rutin back-up seminggu sekali, paling lambat 2 minggu lah sesuai saran temen dan ditambah lagi pernah ngalamin keilangan data (walaupun cuma donlotan tapi tetep berharga, bro {buat gue}) makanya harus makin was was. Dan terbukti lah akhirnya lappie sakit lagi dan kemungkinan besar gak akan kembali lagi.

Gue juga udah berharap banget bisa dengerin itu drama cd yg gue donlot. 3 volume woi. Tiga. TIGA dengan durasi total masing-masing volume itu bisa satu jam atau bahkan lebih. UGH. Emang gak boleh dengerin drama cd nih gue. Ya sudahlah. Ambil hikmahnya aja. Walaupun di saat kayak gitu masih berat untuk mengikhlaskannya.
Skip skip

Ada kabar baik. Gue cek FD dan ternyata tugas gue aman. Gue udah back-up ke FD walaupun revisinya belom gue simpen tapi gapapa, yang penting gak bener-bener dari nol :’) Alhamdulilllah. Tapi kabar buruknya, gue nanya temen gue yg ya bisa dibilang pakar TI /halah tapi emang beneran bisa dibilang cukup mumpuni untuk ukuran anak SMA (menurut gue) gue nanya BIOS Setup, gue foto dan tnya itu udah bener/belom. Katanya udah. Yah, gimana dong. Berarti harddisknya gak kebaca. Yowis. Gue udah tau kemungkinan buruk itu dari semalem kok dan udah puas-puasin meratapi data-data dan kenangan gue kok. Yaudah. Tapi gue masih belom berani lapor karena papa lagi sibuk-sibuknya lagi baper-bapernya jadi takut makin baper dan gitu.

Skip. Gue lupa gimana akhirnya papa tau lappie-kun sakit (lagi) Trus coba diusahakan diservis siapa tau datanya masih bisa diback-up. Disitu muncul rasa optimis. Walaupun kayaknya kemungkinannya kecil ya. Tapi apa salahnya. Skip skip sampe akhirnya papa bilang itu harddisk harus diganti. Hore. Dan tau gak berapa harga harddisk baru dengan kapasitas cuma 200 giga-an (kalo gak salah)? Tau gak? Gue lupa /yha. Pokoknya mahal. Banget. Cuma untuk ukuran 200GB (atau malah kurang, karena untuk ultrabook pas zaman itu rata2 cuma segitu). Hore. Mending beli baru sekalian. Hore. Tapi dollar lagi tinggi, harga-harga pasti mahal. Hore. Ditambah lagi ini lagi musim daftar-daftar SNMPTN dan  lain-lain. Pasti butuh laptop. Hore. Yaudah terpaksa pinjem laptop kakak yang ternyata udah tua juga dan rada-rada mau dilem biru juga. Lengkap deh.

Lah trus, ini bikin posting pake apa? Pake PC desktop rumah. Alhamdulillah masih bisa dipake walaupun masih windows XP dan udah gak update lagi karena udah gak di support. Gapapa. Yang penting bisa pindah-pindahin donlotan dari hape ke HD ekstern << masih aja donlotan. Sempet bisa donlot pake PC sih tapi entah kenapa tiba2 koneksinya melambat yang tadinya 100Mbps jadi 10Mbps. Dan kadang putus nyambung, load search engine aja gak bisa. Ini apa. Ya udahlah ya. Gue emang banyak dosa. Gak boleh kebanyakan donlot gitu2 (hayolo apaan) bukan apa2, Cuma anime dan drama cd, itu doing kok, serius. Tapi toh kenyataannya gue masih donlot pake hape dengan koneksi wifi alakadarnya yg kadang bagus kadang abalnya gak ketulungan.

Dan gak kerasa udah 4 bulan gue gak punya lappie. Awalnya rasanya hampa. Tapi lama-lama terbiasa
**fyi gue nulis ini tanggal 29 Juni hehe. Dan terakhir kalinya lappie hidup itu sekitar akhir Februari.

Fuh. Begitulah ceritanya. Panjang, ya. Ini aja nulis di MS Word sampe lima lembar /ebuset.

Daaaaah~

Wassalamualaikum!

Komentar

Postingan Populer